dampak yang timbul jika kita menggunakan gas cfc pada kulkas spray dan ac adalah

Dampak yang timbul jika kita menggunakan gas cfc pada kulkas spray dan ac adalah

Kulkas 1 Pintu Kulkas 2 Pintu Kulkas Mini Kulkas Tiga Pintu
Dampak yang timbul jika kita menggunakan gas cfc pada kulkas spray dan ac adalah – Peralatan pendingin mengandung banyak komponen berbahaya dan beracun selain plastik dan logam. Banyak peralatan pendingin yang diproduksi sebelum 1995 masih digunakan di Kanada. Peralatan ini mengandung chlorofluorocarbons (CFCs) atau hydrochlorofluorocarbons (HCFCs), bahan perusak ozon (ODS) dan gas rumah kaca (GRK) yang kuat. Gas-gas ini secara bertahap dilarang.

Peralatan baru sekarang mengandung hidrofluorokarbon (HFC), yang tidak berdampak pada lapisan ozon tetapi masih merupakan GRK yang kuat. Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko sedang melobi untuk mengurangi penggunaan HFC.

Mayoritas peralatan Amerika Utara mengandung halokarbon dalam sistem pendingin dan insulasi buihnya. Ketika gas-gas ini tidak terperangkap dan dimusnahkan, mereka berdampak besar pada pemanasan atmosfer (700 hingga 10.900 kali CO.). Selain itu, beberapa freezer yang dibuat sebelum tahun 2000 mengandung 1 hingga 1,5 gram merkuri, yang sangat beracun bagi rantai makanan dan manusia.

Baca Juga : 7 Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala

Daur ulang biasa saja tidak cukup!

Dengan semua zat ini, kulkas, ketika dibuang ke tempat sampah, melepaskan hingga 3,7 metrik ton setara CO₂, jumlah yang sama yang dikeluarkan oleh mobil yang menempuh jarak 17.500 km!

Jika tidak dirawat, peralatan pendingin dan pendingin udara berkontribusi pada penipisan lapisan ozon, pemanasan global, peningkatan risiko kesehatan, kenaikan permukaan laut, perubahan habitat satwa liar dan kondisi cuaca ekstrim.

Definisi halokarbon

Halokarbon adalah produk buatan manusia yang mengandung fluor, karbon dan hidrogen, dan mungkin juga mengandung klor. Ini termasuk klorofluorokarbon (CFC), hidro klorofluorokarbon (HCFC) dan hidrofluorokarbon (HFC). Freon adalah nama komersial dari gas pendingin yang mengandung halokarbon yang digunakan pada AC, refrigerasi, dan dehumidifikasi.

Dampak lingkungan

Dampak lingkungan dari peralatan pendingin yang tidak didaur ulang secara bertanggung jawab sangat besar:

  • Menipisnya lapisan ozon
  • Percepatan perubahan iklim
  • Kontaminasi merkuri terhadap lingkungan

Halokarbon dalam peralatan pendingin berkontribusi pada efek rumah kaca. Gas-gas ini mencegah panas
keluar dari bumi dan menguras lapisan ozon yang menyaring sinar matahari. Efek rumah kaca dan penipisan lapisan ozon berkontribusi pada pemanasan global. Akibatnya, permintaan untuk AC dan daya meningkat, lebih banyak peralatan pendingin diproduksi, dan lingkaran setan dimulai.

Dampak perubahan iklim meliputi:

  • Risiko kesehatan meningkat
  • Cuaca ekstrim (banjir, kekeringan, kebakaran hutan, dll.)
  • Permukaan laut yang lebih tinggi
  • Mengurangi hasil pertanian
  • Pengurangan fitoplankton, yang memberi makan banyak ikan
  • Perubahan habitat satwa liar
  • Dan banyak lagi!

Itulah penjelasan singkat mengenai dampat yang ditumbulkan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *