Cara Mengatasi Kulkas Bocor

3 Cara Mengatasi Kulkas Bocor

Kulkas 1 Pintu Kulkas 2 Pintu Kulkas Mini Kulkas Tiga Pintu

Cara Mengatasi Kulkas Bocor – Reaksi pertama sebagian besar pemilik rumah terhadap kulkas yang bocor adalah memanggil layanan tukang reparasi. Jika Anda tidak menghitung diri Anda di antara legiun do-it-yourselfers di luar sana, ini masih merupakan ide yang bagus.

Kulkas Anda tidak akan memperbaiki dirinya sendiri, dan kebocoran apa pun adalah tanda pasti ada sesuatu yang tidak beres. Namun, jika anda ingin memperbaiki lemari es sendiri, berikut adalah beberapa trik yang bisa dicoba sebelum Anda memanggil ahlinya.

Cara Mengatasi Kulkas Bocor

Baca Juga : Dampak yang timbul jika kita menggunakan gas cfc pada kulkas spray dan ac adalah

1. Pastikan Lemari Es tertutup (segel) dengan Benar

Salah satu penyebab paling umum dari lemari es yang “bocor” bukanlah kebocoran sama sekali. Ini adalah akibat langsung kulkas Anda tidak tersegel(tertutup) dengan benar, dan akibatnya bekerja sepanjang hari untuk menjaganya tetap dingin. Lemari es yang beroperasi secara berlebihan akan membuat kondensasi ekstra pada gulungan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan genangan air di lantai yang menyebabkan alarm.

Periksa segel pintu karet di kulkas dan freezer untuk memastikan Anda mendapatkan segel yang benar. Jika Anda menemukan masalah, cuci segel dengan air hangat dan sabun dan oleskan lapisan tipis pelumas (petroleum jelly bekerja paling baik). Jika ini tidak menyelesaikan masalah Anda, Anda mungkin perlu mengganti gasket. Juga, periksa kaki yang dapat disesuaikan di kulkas dan pastikan lemari es agak miring ke belakang. Jika pintu agak condong ke depan, segel pintu yang tepat dapat dikompromikan.

2. Periksa Drain Pan

Kulkas Anda yang bocor mungkin hanya memiliki pan pembuangan yang retak atau rusak. Lemari es Anda secara teratur mengalirkan air ke dalam pan ini untuk mencegah air menggenang di lemari es itu sendiri. Penguapan menangani sisanya. Lihat di bawah lemari es tempat pan pembuangan diletakkan dan keluarkan untuk diperiksa. Jika ada retakan atau rusak, hubungi penjual terkait tentang mendapatkan penggantinya secepat mungkin.

3. Periksa Defrost Drain

Jika lemari es Anda yang bocor mengalir di dalam dan bukan ke lantai Anda, Anda mungkin berurusan dengan saluran pencairan yang tersumbat. Kulkas Anda terus-menerus menghasilkan kondensasi di dalam freezer, dan kondensasi tersebut menetes ke saluran pembuangan defrost ke dalam panci pembuangan di bawah unit.

Pembuangan es ini dapat tersumbat oleh puing-puing atau, lebih sering, membeku hingga tertutup. Lihat di manual kulkas Anda untuk menemukan saluran pembuangan es Anda, dan ambil langkah yang tepat untuk melepaskannya (membanjiri saluran pembuangan dengan air hangat sering kali berhasil).

Periksa Pembuat Es Anda dari Kebocoran

Jika tidak ada dari perbaikan cepat lainnya yang menyelesaikan masalah Anda, periksa pembuat es Anda apakah ada kebocoran. Agak tidak biasa, tetapi terkadang saluran air ke pembuat es gagal atau lepas, membiarkan air masuk ke dalam freezer. Coba kencangkan semua koneksi, dan jika perlu, ganti garis yang memberi makan pembuat es.

Bagaimana jika anda masih Ragu?

Jika setelah melakukan inspeksi dasar ini Anda tidak dapat menemukan sumber dari kulkas bocor, atau jika Anda merasa tidak masuk akal, pastikan untuk segera menghubungi tukang reparasi untuk mendapatkan penawaran atau datang untuk memperbaiki masalahnya. Kulkas yang bocor biasanya merupakan indikasi masalah yang lebih besar, dan perlu ditangani.

Terakhir, jika Anda curiga kulkas Anda mengalami kebocoran refrigeran, bukan air, segera hubungi tukang reparasi. Refrigeran adalah bahan beracun dan Anda perlu mengatasi masalah ini secepat mungkin untuk menghindari risiko kesehatan selanjutnya bagi Anda dan keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *